//
you're reading...
Jurnalis Indonesia

weternisasi Hilangnya Budaya Lokal

Pengaruh Budaya Barat Dan perkembangan IPTEK         

            Suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilangan jiwa nasional bangsa  sendiri, yang meniru dan melakukan aktivitas yang bersifat kebarat-baratan (budaya bangsa lain). Dan hal ini menuntut kita untuk mawaspadai tentang pengaruh weternisasi.maka kita harus bisa membedahkan mana yang bisa diterima dan mana yang tidak perlu dilakukan. Kita Sebagai mahasiswa dan kaum terpelajar, kita harus bisa menyaring gaya hidup/budaya  bangsa lain yang masuk dan mempengaruhi bangsa kita, apalagi yang tidak sesuai dengan budaya kita dari negara bangsa timur ini.

             Pengaruh  Westernisasi juga memberi dampak positif  maupun dampak negatif. Dampak positif contohnya tentang pengaruh budaya lain dalam segi pemikiran . Dulu bangsa kita, setiap hari tidak mengenal teknologi yang canggi atau tidak bisa mengaplikasikan teknologi.(GAPTEK). Lalu semakin lama teknologi masuk dinegara kita,maka semakin besar perubahan yang didapat oleh negara kita , contohnya dari segi pemikiran kita mengalami perubahan karena dipengaruhi teknologi yang semakin berkembang diindonesia.Dan juga membuat orang menjadi pintar atau(Tidak GAPTEK).

             Pandangan  lain pengaruh westernisasi ini juga membawa dampak negatif. Misalnya tingginya kesopanan diindonesia,Cara menghormati orang tua,cara berpakaian. Itu sudah berubah dari waktu ke waktu,yang dulunya berpakaian tertutup kini tidak lagi, Karena pengaruh pakaian-pakaian yang tidak sesuai. Nilai kesopanan anak sudah mulai hilang misalnya “permisi” atau dalam bahasa jawa nya “numon sewu” dan budaya ini mulai menghilang dari waktu ke waktu.Generasi muda yang tidak mau menyaring terlebih dahulu seringkali terkena,pengaruh buruk fashion,nilai kesopanan bangsa lain. Mereka memakai pakaian yang minimalis,membuka aurat dan sangat tidak sesuai dengan budaya bangsa kita. Inilah yang sering kali menjadi kontroversi.

 

                Memang kalau kita membahas kelebihan dan kelemahan tentang  masuknya budaya yang kebarat baratan,Dan juga ada kaitanya dengan perubahan yang globalisasi yang kita alami sekarang ini tentang masuknya pengaruh budaya luar ( weternisasi ). Banyak perubahan sekarang ini yang kita rasakan contohnya ‘’gaya permainan  anak-anak  zaman dulu dengan sekarang ini .seperti halnya bermain kelereng  waktu  disekolah disaat  istirahat,  lalu untuk jaman sekarang  budaya seperti ini menghilang sedikit demi sedikit  dan kebanyakan anak sekarang  tidak lagi melakukan permainan tersebut.

               Melainkan tercangginya Jaman di era globalisasi  ini , anak yang berusia 7thn sudah mempunyai alat untuk berkomunikasi, atau kaitannya pada sekarang ini seperti handsphon, playstations,internet,media elektronik .Hal seperti ini sudah menjadi aktivitas keseharian anak yang dibawah umur, Dan akhirnya anak sekarang ini sudah bisa melihat apa yang dia inginkan,Dan sampai-sampai  membuka film yang tidak sewajarnya dilihat  untuk anak dibawah umur. Maka dari itu pengaruh budaya teknologi sangat tinggi dan teknologi juga bisa membuat orang BODO dan bisa membuat orang pintar. Kalau sudah kecanduan teknologi dari segi hiburan seperti playstations,game Online,atau situs yang merugikan(berbau porno,hiburan),Dan hal seperti inilah yang membuat orang bodo lupa segalanya dan seakan-akan teknologi menjadi segalanya.

               Kalau kita menggunakan teknologi/media yang berkembang sekarang ini menjadikan ujung tombak untuk belajar ,berbisnis ,saring untuk memecahkan masalah, untuk debat ilmia , belajar,  maka teknologi juga membuat orang pintar /jenius. Dan kita sebagai warga Negara yang sejati ,cinta dengan Negara kita sendiri ,maka kita harus memperkuat rasa nasionalisme mencintai dengan tanah air. Menghargai tentang budaya yang ada di tanah air , kita harus bisa melestarikan budaya yang diciptakan oleh tanah air . agar budaya kita tetap menjadi cirikhas budaya sendiri. Menjadi lambang Negara ,dan mempunyai karakteristik yang unik. 

               Banyak dari kita yang terkadang hanya ingin mengikuti perkembangan jaman, tanpa memperhatikan dampak westernisasi itu berbahaya bagi pertahanan negara kita. Westernisasi beresiko melunturkan semangat nasionalisme para pemuda bangsa kita. Dan pengaruh weternisasi juga merupakan jajahan dari Negara lain, Memang kita tidak bisa merasakan jajahan tersebut dalam waktu dekat,Tetapi kita merasakan jajahan dalam waktu yang panjang. Karena penyesalan memang muncul dibelakang . Hal seperti ini sangat sepilih seperti “kerikil dalam sepatu”  kalau kita bawah terus berjalan rasanya tidak enak dan ada yang mengganggu perjalanan saat kita berjalan. Dan Sama juga dengan pengaruh weternisasi  yang membuat perjalanan Negara terganggu.

               Pengaruh budaya barat ini(weternisasi) ditanah air disebabkan karena perdagangan yang semakin banyak, perdagangan luar sudah bisa menguasai tanah air , Dan membuat pengaruh besar terhadap  masyarakat tentang perilaku masyarakat, serta juga bisa merubah citra Negara.

Jika pengaruh-pengaruh semua di atas dibiarkan, mau apa jadinya genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme?

Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme. Maka dari itu mulai sekarang kita harus menanamkan nilai-nilai pancasila,melaksanakan ajaran agama dengan baik,menerapkan hukum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya,Dan kita harus membangun rasa kekeluargaan sesama masyarakat serta melestarikan budaya yang sudah ada.

 sumber  : http://sosbud.kompasiana.com/2010/10/31/westernisasi/

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: