//
you're reading...
Public Relations Indonesia

Kinerja Public Relations dan Sosial Media

Krediblitas Facebook Dalam Mengiklankan Perusahaan

(Oleh : Nanang Efendi /Ilmu Komunikasi  NIM : 212 )

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dari tahun ke tahun Public Relations (PR) mengalami perubahan sangat besar terhadap sosial media yang berkembang di Era Globalisasi ini. Sesuai perkembangan social media PR lebih mudah dalam menyelesaikan masalah perusahaan. Dimana suatu PR memasang strategi dalam memecahkan masalah perusahaan dengan  menggunakan media yang ada seperti media cetak (Koran), Elektronik (Televisi) dan Online (Internet). Mungkin disisi lain PR dalam perusahaan masih banyak memakai strategi secara komunikasi, atau menghadapi suatu masalah dengan terbuka dan tidak melalui media yang ada sekarang ini. Namun perkembangan media semakin global, maka public relations akan mengalami perubahan yaitu dituntut untuk serba cepat dan praktis oleh karena itu perkembangan media social menjadi strategi PR untuk mengiklankan perusahaan dengan efektif dan efesien.

Dalam kehidupan masyarakat sekarang ini, kegiatan Public Relations merupakan kebutuhan. Public Relations akan terus berkembang sesuai dan sejalan dengan perkembangan masyarakat. Perkembangan Public Relations itu berlangsung bersama dengan adanya hubungan-hubungan dalam masyarakat yang lebih padat namun bersifat patembayan (impersonal) dan lebih banyak pembagian dan terkontak-kontaknya masyarakat karena macam-macam kepentingan.

Dalam realita yang ada Public Relations adalah sebuah profesi yang mempunyai strategi yang luas dalam permasalahan perusahaan dan Ilmu ke-PR-an yang sudah tertata begitu bagus dan mapan, sehingga dimana suatu perusahaan bisa memecahkan suatu masalah dengan tenaga ilmu PR yang berkerja sama dengan media social yang berkembang sekarang ini seperti hanya Facebook, PR memiliki cara-cara yang praktis dalam sarana media social untuk menciptakan image baik perusahaan. Dimana PR tidak harus membuat pres release dengan bahasa formal tetapi dengan media sosial PR bisa menginformasikan dengan bahasa yang sederdana dan dimengerti oleh public dan para jurnalis.

Di era yang modern saat ini, setiap orang dituntut agar dapat terus melakukan komunikasi untuk dapat meng-update informasi. Untuk itu dibutuhkan suatu media yang dapat memberikan fasilitas setiap orang agar dapat terus berkomunikasi antar satu sama lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Media tersebut adalah Internet. Melalui Internet seseorang dari belahan dunia satu dapat tetap melakukan komunikasi kepada orang di belahan dunia lain, tanpa harus khawatir akan jarak yang ditempuh. Informasi pun dapat menyebar dengan sangat cepat tanpa adanya batasan.

Sesuai realita tersebut, Seorang praktisi PR harus mulai memperbaiki cara berkomunikasi kepada publiknya. Karena jaman sekarang telah muncul seorang publisher baru yaitu para pengguna akun di situs-situs jejaring sosial media. Mereka pada dasarnya adalah konsumen biasa namun posisi mereka telah berubah di mata perusahaan sebagai publisher dan influencer akibat dari aktivitas mereka di jejaring social media. Para konsumen dapat dengan bebas menyampaikan keluhan mereka mengenai pelayanan produsen melalui situs jejaring sosial media. Mereka juga dapat dengan mudah untuk melakukan percakapan antar sesama konsumen mengenai pelayanan yang diberikan dari produsen. Seorang praktisi PR harus pandai dalam memanfaatkan media ini, agar dapat menjadi peluang emas bagi perusahaan, dan bukan malah sebaliknya menjadi boomerang yang dapat menghancurkan citra perusahaan secara perlahan.

Salah satu jejaring social media yang dapat digunakan adalah facebook, melalui facebook orang dapat bertukar informasi satu sama lain melalui gabungan tekhnologi, teks, gambar, video dan audio. Hal ini memungkinkan orang (konsumen) untuk melontarkan pendapat mereka dengan bebas mengenai pelayanan yang diberikan oleh produsen. Bila seorang praktisi PR gagal dalam hal membendung serangan ini. Maka citra perusahaan dapat hancur dengan sendirinya. Karena kekuatan dari social media sangat luar biasa, informasi dapat menyebar dengan cepat, peluang untuk mendapatkan dukungan dari orang lain pun terbuka lebar karena kurang adanya informasi yang valid dari seorang praktisi PR. Untuk itu PR jaman sekarang haruslah mulai mengenal tekhnologi social media, agar tidak tertinggal oleh jaman. Dalam makalah ini saya mencoba menjelaskan mengenai manfaat apa saja yang dapat diambil oleh seorang praktisi PR dari facebook. Berikut penjelasannya.

1.2  Tujuan dan Rumusan Masalah

1.  Rumusan Masalah

1)      Bagaimana Pembahasan dan keistimewaan facebook dalam Public Relations ?

2)      Bagaimana Manfaat dan tujuan facebook terhadap peranan Public Relation ?

3)      Bagaimana Pengaruh pentingnya facebook terhadap Public Relations?

2. Tujuan Masalah

1) Mengetahui pembahasan dan keistimewaan facebook dalam Public Relations

2) Mengetahui manfaat dan tujuan facebook terhadap peranan Public Relations

3) Mengetahui pengaruh pentingnya facebook terhadap Public Relations

3. Manfaat Penulisan

 

Diharapakan dengan dibentuknya makalah ini, dapat menambah wawasan pembaca tantang efektif media situs facebook yang mempunyai dampak besar terhadap kemajuan Public Relations. Dapat menambah wawasan pembaca, terutama kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, khususnya pada Jurusan Ilmu Komunikasi. Makalah  ini dapat mengungkas luas, bagaimana kita mendalami dunia media social dan Public Relations.

BAB II

PEMBAHASAN MASALAH

1). Pembahasan dan keistimewaan facebook dalam Public Relations ?

Facebook merupakan sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman-teman, keluarga dan teman sekerja. Situs facebook mempunyai keistimewaan dimana seseorang untuk melontarkan pesan dengan orang lain seperti halnya menyampaikan status tentang dirinya atau keberadaanya, dan memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya yang berupa tulisan, gambar dan video. Serta bisa bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Dan hal semacam ini sesuai realita, perusahaan memanfaatkan tenaga PR untuk mempromosikan atau memecahkan sebuah permasalahan melalui situs facebook dan hal seperti ini membuat konsumen terhipnotis dengan apa yang disampaikan oleh PR mengenai bisnis dalam perusahaan. Dan ini adalah keberhasilan kerja PR melalui social media yaitu (facebook). Situs ini lahir pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

Sesuai dengan perkembangan  jaman, seperti realita yang ada di dunia facebook, berubah fungsi dari jejaring pertemanan dan hiburan, menjadi ajang komunikasi dalam bisnis bagi perusahaan maupun industri kecil yang ada di Indonesia. Facebook membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan bisnisnya secara cepat, efisien, praktis dan murah. Yang penting dilakukan perusahaan hanyalah membuat account facebook yang menarik dan melakukan jejaring pertemanan kepada konsumen, hal semacam itu memudah dalam menarik perhatian kepada konsumen sehingga bisnis dalam perusahaan berjalan dengan perkembangannya.

2. Manfaat dan tujuan facebook terhadap peranan Public Relation ?

Beberapa manfaat facebook yang sangat terasa dalam kehidupan modern ini.

  1. Mendapatkan teman baru dan bukan antar Negara saja tetapi juga bisa berteman dengan orang luar negeri.
  2. Tempat jual beli, layaknya pasar, facebook memiliki manfaat untuk saling jual beli.
  3. Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang sangat efektif.
  4. Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa berdiskusi tentang apapun.
  5. Tempat dukungan, masih ingat kasus Kriminalisasi KPK atau uang koin prita.
  6. Tempat dimana suatu Public Relations melontarkan sebuah solusi terhadap permasalahan dalam perusahaan, mempromosikan ,membujuk , dan melayani konsumen.

Sesuai perkembangannya dalam dunia facebook yaitu bertujuan untuk memudahkan cara berkomuniakasi antara pengguna satu dengan yang lainya. Dan hal seperti ini dilakukan tidak hanya didalam Negara saja tetapi bisa sampai sedunia dalam jaringan situs facebook ini. Dari tahun ketahun perkembangan situs facebook ini meningkat dan acound facebook tidak hanya diakses oleh para mahasiswa/pelajar saja, ya memang facebook ini yang menciptakan adalah mahasiswa tetapi facebook juga menjadi hal terpenting oleh para pembisnis dalam perusahaan, serta Menciptakan image baik dalam perusahaan dengan pelayanan Public Relations dan PR juga bisa meng-update kata-kata muntiara tentang perusahaan sehingga konsumen bisa tertarik apa yang telah dilontarkan oleh PR.

3. Pengaruh pentingnya facebook terhadap Public Relations?

Jadi efek dari perkembangan facebook itu sendiri sangatlah banyak misalnya sesuatu Public Relations kesulitan dalam menghadiri pertemuan antara perusahaan satu dengan yang lainnya, maka cara yang lebih praktis dalam kinerja Public Relations yaitu melontarkan pembicaraaannya mengenai apa yang akan dibicarakan tentang perusahaan tersebut, lebih praktis lewat jaringan facebook. Facebook adalah senjata dari Public Relations perusahaan , dimana kinerja PR dalam membujuk konsumen agar dapat menarik perhatiannya. Itu semua  cara kinerja PR didalam memanfaatkan jejaring media facebook. Mengawalinya dengan hal yang terkecil misalnya memasang status tentang kemajuan perusahaan dan perkembangannya. Yang kedua mempromosikan tentang prodak-prodak yang dikelola oleh perusahaan , yang ketiga melayani konsumen dengan memanfaatkan jejaring facebook, dan membuka stan jual beli barang lewat facebook yang melalui kesepakatan produsen dengan konsumen. Hal seperti ini dimaksudkan pengaruh pentingnya facebook terhadap public relations.

BAB III

PENUTUP

Dengan perkembangan jaman facebook berubah fungsi dari jejaring pertemanan dan hiburan, menjadi ajang komunikasi dalam bisnis bagi perusahaan maupun industri kecil yang ada di Indonesia. Kedatangan facebook membawah perubahan sangat besar terhadap perusahaan, dimana facebook memudahkan PR dalam mengkomunikasikan bisnisnya secara cepat, efisien, praktis dan murah. Dalam pemikiran Public Relations kredibilitas facebook memang sangat tinggi karena Facebook itu sendiri adalah senjata dari Public Relations perusahaan , dimana kinerja PR dalam mendapatkan pandangan baik dan menarik perhatian oleh konsumen . Itu semua adalah efek dari facebook. Mengawali dengan hal yang terkecil misalnya memasang status tentang kemajuan perusahaan dan perkembangannya. Yang kedua mempromosikan tentang prodak-prodak yang dikelola oleh perusahaan , yang ketiga melayani konsumen dengan memanfaatkan jejaring facebook, dan membuka stan jual beli barang lewat facebook dengan melalui kesepakatan produsen dengan konsumen. Jadi itu semua adalah efek-efek perkembangan facebook terhadap kinerja Public Relations.

Sumber :

Prof.Dr.Drs Setyodarmodjo Soenarko,MPA. Januari 1997 Public Relations, pengertian, fungsi dan peranan Surabaya Papyrus Surabaya Jl.semolowaru Indah, Blok 1-15 Surabaya, 60119.

http://blogbintang.com/manfaat-facebook

http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php

http://berita.kapanlagi.com/tekno/strategi-marketing-kunci-sukses-facebook-duk9cg7.html

http://www.scribd.com/doc/31310820/Pengaruh-Facebook-Dalam-Memperkuat-Strategi-Komunikasi-Bisnis-an

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: